Elearning Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret
LoginLogin
Login
Password
 
Connected usersConnected users
Bambang Sutopo B. (bbsutopo), Aidil Akbar A. (F1316010), Aulya Dwi Wulandari A. (F1316022), Bio Audi Hanantio B. (F1316031), Devit Tenta Pramana D. (F1316040), faiz ridho darmawan r. (F1316050), Gusti Gilang Ramadhan g. (F1316053), Ika Novitasari N. (F1316057), ila fetra ertianti i. (F1316059), Lela Indria Pratiwi L. (F1316068), Luluk Lutfiana L. (F1316069), Mirza Asep Shena M. (f1316070), Rifana Ayuningtyas t. (F1316086), samsul arifin s. (F1316091), Wisnu Aji W. (F1316105), Yoga Parasdya y. (F1316106), Yose Rizal Y. (F1316108)
 
Information for lesson "S1 Teori Akuntansi 2016 Feb-Jul (BSutopo) - Kelas B"Information for lesson "S1 Teori Akuntansi 2016 Feb-Jul (BSutopo) - Kelas B"
General description: A. DESKRIPSI. Mata kuliah ini memahas teori akuntansi baik yang bersifat normatif maupun positif. Pembahasan diawali dengan pengertian: teori, akuntansi, dan teori akuntansi. Pembahasan tentang pengembangan teori akuntansi normatif meliputi: perekayasaan pelaporan keuangan dan pengembangan rerangka konseptual serta implikasinya terhadap penyusunan standar akuntansi, praktik akuntansi, pendidikan akuntansi, dan penelitian akuntansi. Selanjutnya, dibahas penelitian-penelitian akuntansi keuangan dalam mengembangkan teori akuntansi dan implikasinya terhadap pengembangan rerangka konseptual, penyusunan standar akuntansi, praktik akuntansi, dan pendidikan akuntansi.
Objectives: A. CAPAIAN PEMBELAJARAN / LEARNING OUTCOME (LO): Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa untuk: 1. dapat memahami dan menjelaskan perekayasaan pelaporan keuangan dan pengembangan rerangka konseptual serta implikasinya terhadap penyusunan standar akuntansi, praktik akuntansi, pendidikan akuntansi, dan penelitian akuntansi, serta memahami peran penelitian akuntansi dalam mengembangkan teori akuntansi dan implikasinya terhadap pengembangan rerangka konseptual, penyusunan standar akuntansi, praktik akuntansi, dan pendidikan akuntansi 2. mempunyai kapabilitas untuk mengikuti perkembangan teori akuntansi, mengkomunikasi hasil analisis dan pemikirannya secara efektif, bekerja dalam tim secara efektif, dan menjaga etika profesional.
Assessment: E. PENILAIAN MAHASISWA: 1. KEHADIRAN MAHASISWA. Kehadiran mahasiswa minimal 75% dari tatap muka yang terjadwal. Kehadiran mahasiswa tidak menjadi masukan dalam komponen penilaian, tetapi menjadi prasyarat keikutsertaan mahasiswa ybs. dalam ujian yaitu: Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester (ujian tulis/lisan) dan dalam penentuan nilai akhir. Mahasiswa dengan kehadiran kurang dari 75% dinyatakan tidak lulus. 2. PENILAIAN PRESTASI. a. UJIAN TENGAH SEMESTER : 50% 1) Tugas Kelompok (Penilaian secara individual/perorangan) : 15% 2) Partisipasi Kelas (Presentasi &/ Partisipasi dalam diskusi; Penilaian secara perorangan/individual) : 15% 3) Tugas Mandiri (Perorangan/Individual) : 20% 4) Ujian Tulis &/ Lisan : 50% : 100% b. UJIAN AKHIR SEMESTER : 50% 1) Partisipasi Kelas (Presentasi &/ Partisipasi dalam diskusi) : 15% 2) Tugas Kelompok (Penilaian secara individual/perorangan) : 15% 3) Tugas Mandiri (Perorangan/Individual) : 20% 4) Ujian Tulis &/ Lisan : 50% : 100% 100% 3. NILAI AKHIR. Skala 100 Nilai (Angka) Nilai (Huruf) ≥ 90 80 – 89 75 – 79 70 – 74 67 – 69 64 – 66 60 – 63 50 – 59 < 50 4,00 3,70 3,30 3,00 2,70 2,30 2,00 1,00 0,00 A A- B+ B B- C+ C D E
Topics: F. TOPIK KAJIAN. (1) Penjelasan Silabus dan Gambaran Umum tentang Teori Akuntansi Swd Bab 1-13 Scott Ch.1-13. (2) Pengertian Teori Akuntansi Swd Bab 1 Penalaran Swd Bab 2 Perekayasaan Pelaporan Keuangan Swd Bab 3. (3) Rerangka Konseptual Swd Bab 4 Konsep Dasar Swd Bab 5. (4) Aset Swd Bab 6 Kewajiban Swd Bab 7 Pendapatan Swd Bab 8 Biaya Swd Bab 9. (5) Laba Swd Bab 10 Ekuitas Swd Bab 11. (6) Pengungkapan dan Sarana Interpretif Swd Bab 12 Akuntansi Perubahan Harga Swd Bab 13. (7) Makalah (Tugas Individual) Swd Bab 1-13. (8) Ujian Tengah Semester (Ujian Tulis). (9) Pendahuluan (Introduction) Scott Ch.1. (10) Akuntansi dalam Kondisi Ideal (Accounting under Ideal Conditions) Scott Ch.2. (11) Pendekatan Kebermanfaatan dalam Pengambilan Keputusan untuk Pelaporan Keuangan (The Decision Usefulness Approach to Financial Reporting) Scott Ch.3. (12) Relevansi Nilai dari Informasi Akuntansi (The Value Relevance of Accounting Information) Scott Ch.5 Pendekatan Pengukuran untuk Kebermanfaatan dalam Pengambilan Keputusan (The Measurement Approach to Decision Usefulness) Scott Ch.6. (13) Pendekatan Kontrak Efisien untuk Kebermanfaatan dalam Pengambilan Keputusan (Efficient Contracting Approach to Decision Usefulness) Scott Ch.8. (14) Penyusunan Standar Akuntansi Keuangan: Isu-isu Ekonomik (Standard Setting: Economic Issues) Scott Ch.12 Penyusunan Standar Akuntansi Keuangan: Isu-isu Politis (Standard Setting: Political Issues) Scott Ch.13. (15) Makalah (Tugas Individual) Scott Ch.1-3, 8, 12-13. (16) Ujian Akhir Semester (Ujian Tulis).
Resources: G. DAFTAR REFERENSI: 1. REFERNSI UTAMA: a) Suwardjono. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE, 2005 (Swd); b) Scott, William R. Financial Accounting Theory 7th Edition. Pearson Prentice Hall. 2014 (Scott). 2. REFERENSI PENDUKUNG: a) Rerangka Konseptual dan Standar Akuntansi; b) Buku teks teori akuntansi selain yang tersebut dalam daftar referensi utama; c) Artikel. Catatan: Buku teks edisi yang lebih baru digunakan jika sudah tersedia.
Other information: D. PENUGASAN: 1. Tugas kelompok. Mahasiswa diminta secara kelompok untuk mengerjakan tugas-tugas yang yang diumumkan melalui e-learning. Meskipun tugas ini merupakan tugas kelompok, mahasiswa diwajibkan mengirim hasil pengerjaan tugas secara perorangan/individual melalui e-learning. 2. Partisipasi Kelas (Presentasi & Diskusi). Mahasiswa diminta secara kelompok untuk memaparkan hasil pengerjaan tugas kelompok yang telah dikirim melalu e-learning. Pemaparan (presentasi) dilakukan oleh kelompok yang ditentukan untuk setiap pertemuan. Mahasiswa yang tidak mendapat tugas presentasi diminta untuk berpartisipasi dalam diskusi. Penilian atas presentasi dan diskusi dilakukan secara secara perorangan/individual. 3. Tugas Mandiri. Mahasiswa secara perorangan diminta untuk menulis sebuah makalah dan mengirimkannya melalui e-learning. Mahasiswa diminta untuk menjelaskan substansi makalah yang telah dikirim tersebut. 4. Ujian Tulis dan atau Lisan (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester). Mahasiswa diwajibkan untuk menempuh ujian tulis dan atau lisan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ujian tulis direncanakan menggunakan fasilitas e-learning sesuai ketersediaan fasilitas tersebut. Ujian ulangan bagi mahasiswa yang belum lulus dapat dilakukan dengan ujian tulis perbaikan dengan menggunakan e-learning dan atau ujian lisan. Ujian perbaikan hanya dilakukan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan untuk menempuh ujian perbaikan tersebut.
Learning method: C. METDODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN: Metode pembelajaran meliputi ceramah, presentasi, dan diskusi. Ceramah dilakukan oleh dosen dengan partisipasi oleh atau diskusi dengan mahasiswa. Metode ini digunakan untuk memberi gambaran materi perkuliahan baik secara umum atau secara khusus pada setiap pertemuan. Metode ini juga digunakan untuk memberi rangkuman atas hasil diskusi baik diskusi atas ceramah dosen maupun diskusi atas paparan mahasiswa. Presentasi dan dikusi dilakukan oleh mahasiswa baik secara kelompok maupun perorangan. Presentasi dan diskusi digunakan untuk memberi bekal kepada mahasiwa dalam bekerja secara kelompok (kerja tim) untuk meningkatkan pemahaman atas suatu topik bahasan dan untuk belajar memahami pendapat orang lain, serta untuk melatih mahasiswa dalam mengungkapkan pemahaman, ide-ide, dan atau gagasan yang telah diperolehnya dalam belajar, dan metode ini juga dimaksudkan untuk melatih mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pemahaman, ide-ide, dan atau gagasan yang telah diperolehnya melalui diskusi dalam rangka pengembangan diri.
Language: English
Professors: Bambang Bambang Sutopo
Total units: 0
Total tests: 1
Total projects: 16
Lesson content
Free Enroll
 
System newsSystem news
There are no system announcements
 
Selected lessonsSelected lessons
No data found